Yayasan BUMN Ulurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kalimantan Selatan

Banjir melanda 11 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, sebagian di antaranya berlangsung selama dua pekan terakhir, dengan ketinggian air hingga lebih dari 1 meter.

Cuaca ekstrem ini berdampak pada bencana hidrometeorologi yaitu banjir di sebagian besar wilayah Kabupaten/Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar,Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, ternyata dampak cuaca ekstrem itu mengakibatkan terendamnya 10.000 lebih rumah di wilayah Kalimantan Selatan. Dan diperkirakan 750 ribu warga Kalimantan Selatan terdampak akiibat banjir awal tahun ini.

Yayasan BUMN terkait hal ini bersama Dewan Kerajinan Nasional pusat, menyerahkan bantuan kebutuhan pokok dan perlengkapan penunjang lainnya melalui Dewan Kerajinan Nasional daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath dalam sambutan tertulisnya menyampaikan upaya ini adalah tanggap darurat bencana alam yakni bantuan kemanusiaan Yayasan BUMN kepada para korban terdampak banjir Kalimantan Selatan.

Bantuan diantaranya beras 1 ton, air mineral 100 dus, masker medis 6.000 pcs, 1.000 pcs alas kassur, Selimut 500 pcs, alas tidur 500pcs
Sabun mandi 20 dus, vitamin, dan obat-obatan.

“Semoga seluruh bantuan dapat terdistribusi dengan baik dan dapat diterima secara cepat terhadap korban terdampak. Terutama masyarakat yang menjalankan kegiatan perekonomian seperti pengrajin dan pedagang.” Paparnya.

Semoga dengan penyerahanan bantuan ini dapat memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi masyarakat Kalimantan Selatan secara keseluruhan.

Dan tidak lupa bahaya virus Covid-19 masih ada di sekitar kita. Maka dengan bantuan masker medis sejumlah 6.000 pcs dapat membantu masyarakat setempat agar terhindar dari penularan virus Covid-19.