Bencana Banjir Lahar Dingin Lumajang, Yayasan BUMN Untuk Indonesia Ulurkan Tangan Membantu Korban Terdampak

Berita duka kembali datang dari wilayah Lumajang, Jawa Timur. Pada Jumat (07/07), dampak cuaca ekstrim hujan yang memiliki intensitas tinggi, mengakibatkan potensi longsoran di wilayah Kabupaten Lumajang, serta dampak dari luapan aliran lahar gunung semeru. Dampak dari banjir lahar dingin dapat sangat merusak, baik bagi lingkungan maupun masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Material vulkanik yang terbawa oleh lahar dingin dapat menghancurkan bangunan, merusak infrastruktur, dan mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat. Selain itu, banjir lahar dingin juga dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan manusia karena mengandung material berbahaya dan dapat menimbulkan longsor susulan.

Kejadian ini memakan korban jiwa sebanyak 3 orang dan beberapa pembangunan yang rusak. Pemerintah daerah, tim penyelamat, dan organisasi kemanusiaan berperan dalam evakuasi penduduk yang terancam, memberikan bantuan medis, dan menyediakan tempat penampungan sementara bagi korban, sehingga 1.294 jiwa mengungsi dari tempat tinggalnya ke posko tanggap darurat bencana sekitar. Pemantauan terhadap aktivitas gunung berapi dan sistem peringatan dini juga penting untuk memberikan peringatan kepada masyarakat sebelum terjadi banjir lahar dingin.

Yayasan BUMN Untuk Indonesia memberikan bantuan darurat bencana langsung pada hari ini (11/07) untuk korban banjir lahar dingin, kab. Lumajang, Jawa Timur berupa sembako dan kebutuhan pokok para korban yang terdampak oleh bencana ini. Bantuan ini diberikan kepada Kasubid Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Semoga bantuan yang diberikan, dapat membantu secara signifikan bagi para korban bencana lalu dapat membantu para korban dalam memulihkan kehidupannya pasca bencana.