“BUMN untuk Indonesia”, Tagline Baru BUMN

Menteri BUMN menyampaikan pengarahan pada HUT Kementerian BUMN Ke-22 Senin 13 April 2020.

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merayakan ulang tahun ke-22, Senin 13 April 2020) dengan acara potong tumpeng dan mengubah tagline atau slogan BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perayaan kali ini dilakukan secara virtual, dikarenakan imbas dari penyebaran virus corona, meski begitu, ia berharap tak mengurangi makna.

“Kalau saya melihat Covid-19 ini baik untuk kita semua, baiknya untuk kita yakni masing-masing individu berintrospeksi diri. Kita juga punya kesempatan untuk bisa berkumpul dengan orang yang kita cintai lebih lama. Yang biasanya kerja di kantor, sekarang kita punya waktu di rumah” ujar Erick.

Hadir dalam acara itu Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga, hingga jajaran Kementerian BUMN lainnya. Ia pun mengapresiasi kepada kedua Wakil Menteri BUMN, deputi, staf ahli dan pegawai Kementerian yang masih bekerja di lapangan dengan risiko terjangkit virus Covid-19.

Menurut dia, hal itu merupakan bentuk pengorbanan bagi rakyat. Oleh karena itu dia mengubah tagline Kementerian BUMN menjadi “BUMN untuk Indonesia” dari sebelumnya “BUMN Hadir untuk Negeri” buatan menteri sebelumnya Rini Soemarno. “Supaya lebih besar dan kita juga mau maknanya lebih dalam,” ujarnya.

Kemudian Erick berharap adanya perubahan tagline bisa membawa perusahaan-perusahaan BUMN maju ke kancah internasional. Saat ini perushaaan BUMN yang sudah mengglobal yakni PT Pertamina yang memiliki sumur-sumur minyak dan gas di luar negeri. “Kapan lagi kita bisa tancapkan bendera merah putih di luar? Karena Covid-19 mengajarkan kita supaya tidak tergantung dengan bangsa lain, walaupun bukan berati kita anti asing. Banyak sekali yang kita pelajari dari Covid-19 bagaimana supply chain terganggu,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, Erick juga menekankan agar seluruh BUMN mengedepankan AKHLAK. AKHLAK yang harus dijalankan meliputi Amanah, Kompetensi, Harmonis, Loyalitas, Adaptif, dan Kolaborasi. “Saya rasa dengan AKHLAK sudah menyangkut semua, saya berharap setelah Covid-19 kita harus lebih baik lagi” pungkas Erick.  Dikutip dari investor.id