Disaksikan Erick Thohir, Pertamina Salurkan bantuan Ventilator senilai 93,4M kepada Yayasan BUMN

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) telah menyerahkan bantuan 305 ventilator senilai Rp93.400.000  kepada yayasan BUMN untuk penanggulangan Covid-19 melalui Pertamedika untuk RS BUMN, RSUD, Pemprov Jatim pada Jumat, (9/10/2020) di rumah dinas Menteri BUMN. Penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrat, Sekretaris Satgas Covid 19 Marsyda TNI (Purn) Eris Herryanto, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Pertamedika IHC Dr.dr Fathema Djan Rachmat. Bantuan ini diinisiasi Pertamina dalam rangka memberikan bantuan dana sebesar 93,4M berupa ventilator kepada yayasan BUMN. Hal tersebut merupakan salah satu alat kesehatan utama untuk membantu tenaga kesehatan menangani pasien covid  19 di Indonesia khususnya yang bergejala berat.

Pada April lalu, ventilator sempat menjadi barang langka hingga diperebutkan oleh seluruh negara di dunia. Karena ventilator adalah ujung dari penanganan bagi pasien yang sudah kritis. Oleh karena itu mereka membutuhkan bantuan alat pernafasan. Berangkat dari hal tesebut yayasan BUMN dengan keyakinan dan niat tulus membantu dengan membelanjakan anggaran tersebut untuk pengadaan 305 unit ventilator invasive merk Mindray dan Aeonmed.

Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath mengatakan, puji syukur pengadaan ventilator tidak ada kendala. Secara bertahap ventilator sudah didistribusikan terhitung dari Juni hingga September 2020.

“Saat ini seluruh unit ventilator telah kami serahkan kepada PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) Indonesia Healthcare Coorperation (IHC)  dan telah terpasang di RS BUMN dan RSU Daerah di beberapa titik di Indonesia” Ujarnya. Ketua yayasan BUMN berharap bantuan ventilator ini memberikan banyak manfaat khususnya bagi pasien yang mengalami kegagalan bernafas dan semoga bisa menekan angka kematian covid 19 di Indonesia.