Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Virtual Expo 2021

Dorong pemulihan ekonomi rakyat, Kementerian BUMN menyelenggarakan Pasar Digital (PaDi) UMKM Virtual Expo mulai 15 Februari hingga 22 Februari 2021 dengan peserta 2.000 lebih buyer yang berasal dari BUMN dan 244 lapak UMKM.

Ketua Pelaksana PaDi UMKM Virtual Expo Loto Srinaita Ginting, dalam laman YouTube Kementerian BUMN, 15/02/201, mengharapkan melalui virtual expo ini para BUMN sebagai buyer makin mengenal produk pameran dan meningkatkan belanja pada UMKM binaan organisasi atau instansi.

PaDi adalah marketplace yang diluncurkan Kementerian BUMN pada 17 Agustus 2020 dengan 9 BUMN yang bergabung: Telkom, BRI, PT PP, Waskita, Wijaya Karya, Pupuk Indonesia, Pertamina, Pegadaian, dan PT PNM.

“Marketplace PaDi bertujuan membuka akses pasar bagi UMKM untuk masuk dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya BUMN. Sehingga dalam situs resmi, padiumkm.id, ada fitur e-procurement untuk pengadaan elektronik,” jelas Loto yang juga Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN.

Dalam acara ini juga diikuti oleh 244 UMKM yang difasilitasi kepesertaannya oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Bhayangkari (organisasi istri anggota POLRI), Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, masing-masing bertindak sebagai organisasi pengampu UMKM.

Selain pameran, PaDi Virtual Expo 2021 juga akan diisi sejumlah acara lainnya. Mulai dari webinar oleh BUMN hingga forum bisnis dari para UMKM yang terlibat.

PaDi UMKM merupakan inisiasi Kementerian BUMN dan seluruh BUMN untuk bersinergi membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. Virtual Expo ini akan berakhir 22 Februari 2021.UMKM tangguh, Indonesia maju.