Dukungan 176 Ventilator dan Alkes dari Amerika Serikat Tiba di Hari HUT RI Ke-76 Melalui Yayasan BUMN

Indonesia melalui Kementrian BUMN mendapatkan dukungan dari pemerintah Amerika Serikat (AS), khususnya kota New York, untuk pemulihan pandemi Covid-19 dan logistik dukungan tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, pada Selasa (17/8) bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Momen bersejarah ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir,┬áMenteri Perhubungan Budi Karya S, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia┬á– Ambassador Sung Y. Kim, Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath, Sekretariat Jenderal Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan, Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo, dan┬áKepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe C Soetta Finari Manan.

Menteri Erick Thohir mengungkapkan hari ini adalah hal yang luar biasa, Yayasan BUMN dipercaya oleh Amerika Serikat melalui masyarakat dan pemerintah New York, untuk menerima dukungan berupa
176 unit Ventilator Vyaire Bellavista 1000, masker KN95, dan perlengkapan penunjang medis lainnya.

Diketahui Indonesia telah mencatat peristiwa bersejarah penting hari ini. Pesawat Citilink Airbus A330 900 NEO yang membawa dukungan ini adalah penerbangan pertama Citilink dari Indonesia ke AS dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun.

“Di beberapa tahun kemarin kita tahu bahwa kita membentuk Yayasan BUMN yang Independen, dan terbuka secara audit dan kami mendapat bantuan yang luar biasa dari banyak sektor privat dari 36 perusahaan yang bekerja sama dengan kami sehingga kita dapat mendistribusikan banyak hal terkait bantuan untuk menangani pandemi” ujar Menteri Erick.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Y. Kim memberikan apresiasi kepada Menteri Erick Thohir atas inisiatif dan kepemimpiman beliau yang mewakili rakyat Indonesia. Berkat upaya beliau kota New York terinspirasi menyumbangkan 176 ventilator untuk membantu, menyelamatkan, dan memulihkan lebih banyak orang dari Covid-19.

“Di masa yang menantang ini kemitraan kedua negara terbukti terjalin kokoh dan baik. Tercatat beberapa bantuan AS untuk memerangi Covid di antaranya AS┬ámendonasikan 8 juta dosis vaksin, 1.000 ventilator dan menyediakan lebih dari US$ 65 juta atau setara dengan Rp 943 miliar terkait asistensi penanganan Covid-19 di Indonesia.” Papar Dubes AS Sung Y. Kim, dalam sambutannya.

“Saya juga senang bisa hadir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memiliki peran penting dalam memastikan persediaan medis yang dibutuhkan oleh para pekerja garis depan di Indonesia.

Ketua Yayasan BUMN selaku penerima dukungan mewakili pemerintah dan masyarakat Indonesia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik dari dalam negeri maupun luar negeri atas dukungan serta kepercayaannya kepada kami sebagai lembaga BUMN independen yang memegang prinsip transparan dan terbuka sebagai penyalur bantuan dalam upaya berkontribusi memulihkan pandemi di Indonesia.

“Tantangan kedepan semakin besar tentu kita perlu selalu bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama menanggulangi pandemi Covid-19 di negara kita tercinta ini” Tutupnya.