Gejala Covid-19 Timbul Setelah 5 hari Masa Inkubasi

Sebagian dari orang yang terpapar virus Corona adalah orang tanpa gejala atau biasa disebut OTG. Baik yang bergejala maupun tidak, itu sama-sama infeksius, yakni sudah dapat menularkan kepada orang lain. Maka itu, penerapan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah upaya paling ampuh saat ini, sebelum adanya kehadiran vaksin.

Juru bicara pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan periode inkubasi seseorang antara terpapar virus dan rata-rata muncul gejala itu 5 hari. Diikuti gejala lanjutan setelah 2 hari.

“Jika bisa disimpulkan ada waktu 3 hari untuk kontak erat tersebut kita tracing/lacak dan diisolasi segera, supaya tidak menularkan ke lingkaran yang lebih jauh lagi” tutur Wiku dalam konferensi pers virtual Jumat, (27/11).

Karena itu selain mematuhi protokol 3M, Wiku menegaskan agar masyarakat sadar tidak berkerumun. “Apa yang kita semai, itulah yang kita tuai. Efeknya bukan sekarang, tapi 2 Minggu kedepan akan terasa dampaknya” tegasnya.

Wiku menjelaskan lonjakan kasus yang terjadi akhir-akhir ini menandakan masih adanya penularan di tengah masyarakat yang bersifat fluktuatif. Maka dia meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan tatkala sedang beraktivitas.

“Jangan sampai lengah, selalu konsisten mamakai masker dan terapkan protokol. Karena itu dapat melindungi kita dan orang-orang terdekat kita dari virus ini” tukasnya.

Wiku juga mengingatkan kepada satgas di berbagai daerah agar menindak tegas pelaku pelanggar protokol kesehatan dengan tidak pandang bulu. “Jangan lelah untuk selalu menertibkan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat” jelasnya.