Hotel Milik Pertamina Jadi Tempat Rawat Pasien Corona

Hotel Patra Comfort Jakarta

JAKARTA– Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan dua tempat untuk menjadi tempat penanganan pasien terkena virus corona. Kedua tempat itu adalah Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort.

Hotel tersebut merupakan anak usaha PT Patra Jasa, hotel dan rumah sakit keduanya berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan untuk Rumah Sakit Pertamina Jaya akan menggunakan bangunan lama untuk menampung pasien. Rumah sakit berkapasitas 65 tempat tidur yang terdiri dari 20 tempat tidur setara ruangan ICU dan 45 non-ICU.

“Jadi Rumah Sakit Pertamina Jaya itu akan menggunakan bangunan lama di daerah Cikini sama Pramuka,” kata Arya Sinulingga melalui pesat singkat kepada wartawan di Jakarta, Selasa 17 Maret 2020.

Dalam gedung tersebut nantinya akan disediakan ruang isolasi bertekanan negatif di 3 lantai sehingga sistem penyaringan udara tidak terlewati virus, ada juga laboratorium diagnosis dan fasilitas radiologi.

Di sana nantinya aka ada 10 dokter spesialis, 8 dokter umum, 3 perawat terlatih. Tenaga medis ini akan menangani pasien corona.

Untuk Hotel Patra Comfort, Arya mengatakan bakal digunakan untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP) atau save house. Jumlah tempat tidur yang disiapkanada 52 unit.

Selain puluhan kamar yang tengah disiapkan itu, akan ada tambahan tambahan 90 tempat tidur lagi. Dengan demikian, Arya berharap total kapasitas tempat tidur yang disediakan BUMN untuk melayani pasien virus corona sekitar 160 unit.

“Dan nanti ada penambahan 90 tempat tidur lagi kita siapkan di situ kita akan bikin seperti ruangan khusus, mudah-mudahan selesai dalam tempo 2 minggu. Ini semua akan kita lengkapi. Jadi hotel tadi akan kita jadikan tempat penanganan corona,” ujarnya. Dikutip dari kumparan.com