Ikuti Langkah ini agar Terhindar dari Covid-19 di Perkantoran

Jakarta – Klaster perkantoran menjadi salah satu penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Di antara kota lain di Indonesia hanya Jakarta yang memilik dominasi gedung-gedung tinggi perkantoran. Itu menjadi salah satu penyebab klaster kantor.

Meskipun PSBB saat ini sudah kembali melonggar dan aktivitas perkantoran sudah mulai berjalan tapi kamu tak boleh lengah.

Kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten saat berada di kantor. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa langkah berikut ini guna mencegah penyebaran kasus COVID-19 di perkantoran.

  1. Mengatur Giliran Masuk Kantor
    Mengatur giliran masuk kantor antarpekerja dapat mengurangi penumpukan orang dalam satu tempat. Dengan begitu, penularan virus pun dapat diminimalisir.
  2. Memastikan Sirkulasi Udara Baik
    Sirkulasi udara di dalam ruang kantor juga perlu diperhatikan. Virus dapat menyebar melalui udara. Sehingga, dengan sirkulasi udara yang baik akan mengurangi dosis virus di udara.
  3. Lakukan Kontak Tracing Jika Ada Kasus Positif
    Jika ada kasus positif yang ada di sekitar lingkungan kerjamu. Kamu harus segera lakukan kontak tracing ke orang-orang yang mungkin pernah berinteraksi denganmu atau orang yang positif tersebut. Kamu juga bisa melakukan isolasi mandiri jika merasa melakukan kontak langsung dengan orang positif COVID-19 tersebut.
  4. Jangan Terlalu Lama Berada di Dalam Ruangan
    Terlalu lama berada di dalam ruang diketahui bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Suhu yang dingin seperti di dalam ruang ber-AC juga membuat virus dan bakteri bertahan lebih lama. Oleh karena itu, jangan terlalu lama berada di dalam ruangan.
  5. Bekali Tubuh dengan Suplemen atau Vitamin
    Selain menerapkan protokol kesehatan dan melakukan hal-hal di atas, kamu juga perlu melindungi diri dari dalam. Caranya, bisa dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang bisa juga membantumu meningkatkan daya tahan tubuh.

Satu di antara nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta bermanfaat untuk menjaga imunitas adalah vitamin C. Dilansir dari Medical News Today, vitamin C memiliki kandungan askorbat yang berguna sebagai obat flu dan mencegah berbagai penyakit.

Kandungan vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan menghasilkan kolagen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber vitamin C sangat mudah Anda jumpai, seperti dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, dan sayuran brokoli serta bayam.

Dengan memenuhi langkah-langkah tersebut semoga kita dapat terhindar dari Covid-19 pada saat beraktivitas di kantor. Selamat mencoba!