Kementrian BUMN Kembali Resmikan Mobile Lab PCR Untuk Perkuat 3T

Pandemi Covid-19 saat ini masih belum menunjukkan penurunan. Dalam rangka meningkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia, pada Senin 14 Juni 2021 bertempat di Gedung Kementerian BUMN dilaksanakan peresmian dan pelepasan mobile laboratorium PCR yang dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil Menteri 1 BUMN Pahala N Mansury, SVP SPPU PT Pertamina (Persero), DIrektur Utama Pertamedika IHC dr. Fathema Djan Rachmat, Komisaris PT Pratama Mitra Sejati Muh. Syahid, Direktur PT Pratama Mitra Sejati Sudarto, Direksi Pertamedika IHC, dan Direksi RS BUMN.

Mobile Lab PCR ini adalah hasil sinergi BUMN Pertamina Grup, antara PT Pertamina Bina Medika IHC dengan PT Pratama Mitra Sejati yang merupakan anak perusahaan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia. Mobile Lab PCR adalah sebuah inovasi pengembangan layanan kesehatan yang efektif dan efisien yang bertujuan menghadirkan layanan di lokasi-lokasi yang dibutuhkan seperti perkantoran, pertambangan, perkebunan, dan lain-lain sehingga konsumen atau pasien tidak perlu datang ke rumah sakit.

Proses pengadaan Mobile Lab PCR tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT Pratama Mitra Sejati dengan PT Nakeda Multi Transpor. Mobile Lab PCR ini memiliki kapasitas maksimum sebanyak 400 tes sehari.

Beberapa kelebihan dari Mobile Laboratorium PCR ini adalah memiliki sertifikasi World Biohaztec, dilengkapi pencipta air yang didapat dari udara, sistem kelistrikan khusus dengan pembangkit listrik menggunakan hydraulic 10 KVA, sistem peredam getaran pada semua peralatan, dan memiliki sensor dan perangkat keselamatan yang lengkap.

Dengan mengedepankan konsep serta inovasi yang mampu diubahfungsikan menjadi mobile vaksinasi, mobile medical check up, maupun mini Hospital, Mobile Lab ini diharapkan mampu menambah jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sebagai salah satu kontribusi BUMN untuk Indonesia.