Mengenal Resiko Penularan Virus Corona Di Kolam Renang Umum

Penyebaran virus corona (Covid-19) bisa terjadi kapan dan dimana saja. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penularan virus corona sangat sulit diprediksi.

Mereka menyebar terutama di antara orang-orang yang berada dalam kontak dekat atau dalam jarak sekitar 6 kaki untuk waktu yang lama.

Penyebaran virus corona terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara, dan tetesan dari mulut atau hidung mereka diluncurkan ke udara dan mendarat di mulut atau hidung orang-orang di dekatnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid-19 bisa menular melalui udara atau airborne. Namun apakah virus corona bisa menular melalui air di kolam renang?

Seperti dikutip Kompas.com, epidemiolog dari Universitas Griffith, Dicky Budiman, menjelaskan potensi penularan virus corona di air sangat kecil.

“Potensi penularan Covid-19 di kolam renang, di dalam air maksudnya, kecil potensinya,” ujar Dicky. Hal itu karena di dalam kolam renang pada umumnya ada klorin yang bisa membantu membunuh virus.

Dicky mengatakan, sejauh ini virus penyebab Covid-19 bertahan atau terdeteksi di air buangan atau limbah. Hal itu tentu karena tidak ada disinfektan.

“Sejauh ini Covid-19 bukan waterborne disease, sehingga relatif aman jika berenang. Sejauh ini belum ada bukti ke arah itu,” katanya.

Adapun pendapat dari Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro yakni pemilik usaha atau fasilitas kolam renang harus dapat memastikan air kolam renang menggunakan desinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7,2-8.

Pendapat lainnya diilansir dari situs U.S. Masters Swimming, Roberta Lavin seorang profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee pernah membahas soal risiko infeksi virus corona di kolam renang publik.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini, para ahli masih menyelidiki berbagai cara virus corona bisa menular. Sejauh ini, virus corona bisa menular lewat droplet yang keluar saat kita sedang batuk dan bersin, tetapi belum ada bukti bahwa virus bisa bertahan hidup di air.

Kendati demikian, ketika hendak berenang di kolam umum, kita harus tetap menghindari keramaian bila situasi di kolam tersebut penuh pengunjung. Proteksi diri dengan informasi yang cukup seputar pandemi bisa membantu kita terhindar dari resiko terpapar virus Corona.