Presiden Resmikan Pengoperasian PT Bank Syariah Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, pada Senin (1/2/2021).

BSI adalah hasil penggabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yaitu PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Jokowi mengatakan hari ini adalah hari yang bersejarah bagi perkembangan ekonomi syariah Indonesia. Apalagi, sudah lama Indonesia dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

“Status ini sudah menjadi identitas global Indonesia dan kebangsaan kita. Maka sudah sewajarnya Indonesia menjadi salah satu negara terdepan dalam hal perkembangan ekonomi syariah,” ujar Jokowi

Jumlah aset dan modal inti yang dimiliki akan menempatkan BSI masuk dalam daftar 7 besar bank di Indonesia dari sisi aset dan Top 10 bank terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar.

Seperti dilansir Beritasatu.com, selain memiliki aset dan modal inti besar, BSI juga didukung lebih dari 1.200 cabang, 1.700 jaringan ATM, serta 20.000 karyawan di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan mampu memberikan layanan finansial berbasis syariah, layanan sosial, dan layanan spiritual kepada nasabah.

Di segmen ritel, BSI memiliki ragam solusi keuangan dalam ekosistem Islami seperti terkait keperluan ibadah haji dan umrah, zakat, infak, sedekah, wakaf (ZISWAF), produk layanan berbasis emas, pendidikan, kesehatan, remitansi internasional, dan layanan dan solusi keuangan lainnya yang berlandaskan prinsip syariah yang didukung oleh kualitas digital banking dan layanan kelas dunia.

Di segmen korporasi dan wholesale, BSI juga memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam sektor-sektor industri yang belum terpenetrasi maksimal oleh perbankan syariah.

Selain itu, BSI juga berpotensi untuk turut membiayai proyek-proyek infrastruktur berskala besar, sejalan dengan rencana pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

BSI juga akan menyasar investor global lewat produk-produk syariah yang kompetitif dan inovatif. Di segmen UKM dan Mikro, BSI akan terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM melalui produk dan layanan keuangan syariah yang sesuai kebutuhan UMKM, baik secara langsung maupun melalui sinergi dengan bank-bank Himbara dan pemerintah.