Program Cinta Tanah Air 2023 untuk Desa Janaka : Janaka Bermakna, Mengalir Untuk Masa Depan!

Untuk mendukung Indonesia Maju 2030 dan masih dalam nuansa Kemerdekaan Indonesia, Yayasan BUMN ikut berpartisipasi mendukung percepatan Pembangunan Indonesia. Salah satu bentuk dukungan Yayasan BUMN adalah melalui Program Cinta Tanah Air. Program ini menyasar daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dan daerah-daerah yang masih memerlukan perhatian lebih. Sesuai dengan prinsip SDGs no-one left behind, harapannya Program Cinta Tanah Air dapat meyakinkan daerah-daerah tujuan kegiatan bahwa daerah tersebut mendapatkan perhatian dan menjadi bagian dari pembangunan bangsa yang merata.

Pada 7 September 2023, Yayasan BUMN Untuk Indonesia memberikan bantuan kepada warga Desa Janaka, Kab. Pandeglang, Banten, berupa infrastruktur fasilitas air bersih dan sanitasi berupa Pipanisasi Air Bersih menggunakan metode Pompa Hidram dan MCK. Tak hanya itu, Yayasan BUMN Untuk Indonesia pun memberikan bantuan pendidikan berupa 1 Unit Digital Library, 1 Unit Personal Computer (PC), dan 10 Paket Juz Amma dan Al-Quran.

Dalam kegiatan ini telah dihadiri oleh Perwakilan TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Muhtamin, Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath, juga Kepala Desa Janaka, Ade Anhari.

Dalam hal ini, Yayasan BUMN Untuk Indonesia pun telah berkolaborasi dengan Cita Sehat Foundation dalm memberikan edukasi pemeliharaan dan pemakaian air besih dan sanitasi kepada warga Desa Janaka.

Melalui program penyebaran air bersih dan sanitasi merata ini, Yayasan BUMN Untuk Indonesia berupaya untuk memastikan bahwa setiap warga Indonesia memiliki akses yang adil dan layak terhadap air bersih.

“Saya mengajak masyarakat untuk turut aktif dalam program ini. Melalui keterlibatan aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan infrastruktur air, program penyebaran air bersih menjadi lebih berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Masyarakat dapat mempertahankan dan mengoptimalkan penggunaan air bersih secara berkelanjutan,” Ucap Harjawan Balaningrath sebagai Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia.

Warga Desa Janaka pun berkomitmen untuk dapat memelihara bantuan yang telah diberikan agar bantuan yang diberikan dapat berkelanjutan dan berfungsi secara maksimal.

“Saya sebagai Kepala Desa Janaka ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan BUMN dan Kementerian BUMN yang telah menginisiasi bantuan ini kepada kami. Kami pun berkomitmen membuat satuan tugas (SATGAS) untuk bantuan yang telah diberikan agar kami sebagai warga memiliki kesadaran memiliki dan menggunakannya,” ujar Ade Anhari sebagai Kepala Desa Janaka, Kab. Pandeglang, Banten.