Selamat Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTS)

Jakarta – Tanggal 15 Oktober dirayakan sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Di tengah pandemi covid 19, tren mencuci tangan atau gerakan sanitasi ini semakin dikenal masyarakat. Bahkan gerakan ini menjadi sorotan seluruh dunia. Tingginya kesadaran akan pentingnya mencuci tangan saat ini tak lepas dari anjuran pemerintah atas rekomendasi WHO yakni dengan gencarnya kampanye 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Langkah tersebut adalah upaya paling ampuh untuk kita saat ini untuk mencegah penularan virus Covid 19.

Hari ini diperingati untuk mengambil tindakan meningkatkan akses dan praktik cuci tangan pakai sabun sehingga semua masyarakat bersatu untuk menjaga kebersihan tangan dari kuman dan virus.

Hari Mencuci Tangan Sedunia diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)) pada Agustus 2008 di Pekan Air Dunia (Annual World Water Week) tahunan di Stockholm, Swedia.

Organisasi yang terlibat dalam Hari Cuci Tangan Sedunia adalah UNESCO, Unilever, dan masih banyak lagi. Kemudian, Majelis Umum PBB mulai menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

Penetapan Hari Cuci Tangan Sedunia berawal dari tingginya tingkat kematian anak-anak akibat berbagai jenis penyakit pernapasan serta diare.

Dan kini seluruh penduduk global dihadapkan dengan infeksi penyakit pernafasan sangat menular yaitu Covid 19. Maka dari itu kita semua harus saling menjaga sesama. Melindungi diri kita dengan mematuhi protokol salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Itu adalah bentuk nyata sederhana yang sangat berdampak hasilnya bila kita semua bersatu padu menerapkan protokol kesehatan di manapun kita berada.