Sinergi Yayasan BUMN dengan Berbagai Pihak Konsisten Salurkan Bantuan untuk Garda Terdepan Covid-19

Membangun sinergi di tengah pandemi Covid-19 ini adalah salah satu upaya terbaik untuk saling membantu satu sama lain secara lebih efektif. Bertepatan dengan Hari Dokter Nasional ke-70 yang jatuh pada 24 Oktober Yayasan BUMN secara konsisten menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan lembaga pemerintah maupun swasta untuk menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan dan alat penunjang lainnya dalam rangka kegiatan percepatan penanganan Covid-19 sekaligus membantu tenaga kesehatan Indonesia.

Dengan kondisi geografis Indonesia yang luas tentunya Yayasan BUMN berkomitmen untuk menjangkau seluruh area yang terdampak yang membutuhkan bantuan, tidak hanya bantuan untuk Covid-19, tapi juga sesuai dari visi yayasan itu sendiri yakni memberikan bantuan sosial, kemanusiaan, dan keagamaan.

Yayasan yang terbentuk pada 31 Desember 2018 ini akan terus menjadi bagian dari upaya membangun Indonesia khususnya dengan melaksanakan Program Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19. Juga terutama membantu para garda terdepan yaitu dokter dan tenaga kesehatan yang sampai saat ini masih terus berjuang untuk korban covid-19. Dan turut berduka cita kepada 100an dokter dan perawat yang telah gugur saat bertugas, kalian adalah pahlawan bagi rakyat Indonesia.

Kegiatan yang tengah berlangsung dari program ini ialah penerimaan bantuan alat kesehatan terhitung sejak April hingga Oktober yaitu berupa Ventilator, HFNC (High Flow Nasal Cannula), Mobile Lab PCR (Bio Safety Level 2), APD, Rapid Tes Kit, Vitamin, Sembako dan lain sebagainya. Rekapan jumlah bantuan tersebut berasal dari 20 BUMN, 90 perusahaan swasta, dan perorangan dalam bentuk tunai ataupun barang. Dari data per-September 2020 jumlah nominal bantuan tersebut telah mencapai angka 444 miliar.

Seluruh bantuan alat kesehatan tersebut telah di distribusikan ke seluruh RS BUMN, RSU daerah di berbagai titik di Indonesia, RS di bawah naungan KOOPSAU, KOPASUS, Bais, serta Kejaksaan Agung. Sedangkan sembako dan uang elektronik diberikan ke 1000 Panti Sosial se-Jadetabek. Dengan saluran bantuan yang bersifat berkelanjutan ini tentu akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen yayasan hadir untuk negeri dan utamanya adalah tepat sasaran dan efektif. Sehingga bantuan yayasan diharapkan dapat langsung dirasakan di seluruh NKRI.

Yayasan BUMN hadir untuk negeri pun berterima kasih kepada seluruh pihak dari lembaga pemerintah, pihak swasta, dan perorangan yang telah memberikan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan-bantuan donasi tersebut kepada tenaga kesehatan dan masyarakat Indonesia. Dan Hal-hal baik tersebut adalah nilai yang sangat besar kedepannya untuk kemaslahatan bangsa dan negara.