Vaksin Sinovac Masih Efektif Lawan Mutasi Covid-19 B117

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito memastikan vaksin Covid-19 Sinovac masih efektif melawan varian baru corona B117. Mutasi dari virus SARS-CoV-2 itu tidak mempengaruhi efektivitas vaksin Sinovac.

“Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif melawan mutasi Covid-19 asal Inggris yaitu B117,” katanya dalam konferensi pers Kamis (3/3/2021).

Sebelumnya, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan varian baru corona B117 tidak mempengaruhi efektivitas vaksin Sinovac.

Mutasi Covid-19 dari Inggris itu masuk ke Indonesia pada awal Februari 2021 melalui WNI dari Arab Saudi.

“Sampai saat ini mutasi (varian baru corona B117) tidak mempengaruhi efektivitas vaksin. Jadi tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok,” katanya seperti dikutip pemberitaan dari Merdeka.com Rabu (3/3/2021).

Nadia mengakui tingkat penularan varian baru corona B117 lebih cepat daripada SARS-CoV-2. Namun, kecepatan penularan mutasi virus tersebut tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat.

Beredar kabar bahwa varian virus Corona B117 menyebabkan gejala yang lebih berat pada pasien COVID-19. Vaksin yang sudah ada, termasuk SInovac di Indonesia dikhawatirkan tak mempan melawan varian virus baru ini.

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban meluruskan, varian virus Corona baru ini tidak terbukti menimbulkan gejala lebih parah dan kasus kematian lebih banyak.