Yayasan BUMN Kirim Bantuan Untuk Bencana Longsor Cihanjuang, Sumedang

Yayasan BUMN memberikan bantuan bencana tanah longsor kepada Posko Yayasan Al- Wasim di desa Cihanjuang, Kab Sumedang pada Jumat (05/02/2021)

Sumbangan bantuan tersebut berupa beras 750kg, mie instanst 40 dus susu 10 dus, sabun detergent 144 pcs, sabun mandi 144 pcs, alas tidur 120 pcs, dan selimut 120 pcs.

Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (9/1) siang memicu longsor di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Hujan juga menyebabkan banjir di Desa Cisempur, Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Manajer Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan hujan deras yang terjadi menyebabkan longsoran tebing setinggi 20 meter dan panjang 40 meter.

Merujuk data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Jumat (05/02/2021), terjadinya tanah longsor di desa cihanjuang, kab sumedang, yang telah menewaskan 40 jiwa, korban luka berat berjumlah tiga orang dan 22 orang luka ringan, serta 1.119 jiwa mengungsi.

Semua jenazah korban tanah longsor sudah ditemukan oleh team sar. Beberapa pengungsi masih ada yang tinggal di tenda dan ada juga yang sudah kembali ke keluarga masing2.